Mar 15, 2015

Tantangan Menulis (Februari-Maret 2015)

repost dari sini

Beberapa minggu belakangan, lagi banyak temen yang ngadain blog challenge, kemudian ide tentang project ini terlintas mendadak waktu lagi asik chat sama @miss_zp. Kita jadi diskusi enaknya nulis apa dan akhirnya masing-masing nyumbang 7 tema, total 14 tema. Sisanya 1 tema bebas. Sebenernya kita ngadain ini dalam rangka menambah isi blog juga. Tapi, ajang ini juga terbuka buat kalian semua yang pengin ikutan, kok. :)

1. Memiliki blog sendiri (bisa blogspot, wordpress, blogdetik, tumblr, dan lainnya). Jika kamu tidak punya blog sama sekali namun ingin ikut menulis, bisa gunakan notes Facebook (privasi disetting public, ya).
2. Host akan melemparkan 15 tema.
3. Kalian bebas menulisnya secara acak. Pilihlah tema mana saja yang menarik buatmu. Nggak harus nulis semua, tapi lebih komplit kalau ditulis semuanya, kan? :)
Jenis tulisannya juga bebas; cerpen, prosa, puisi, pantun, surat cinta, curhatan, opini, dll. Tulislah sesuka hati dan bebaskan imajinasimu.
4. Rentang blog challenge adalah bulan Februari hingga Maret 2015. Total waktunya sebulan penuh, untuk menuliskan 15 tema.
5. Silakan share link postinganmu ke @kopilovie dan @miss_zp setelah selesai menulis, biar bisa di RT dan banyak yang baca + memberi komentar. Gunakan hastag #TantanganMenulis
Contoh: @Kopilovie @miss_zp (spasi) link blogmu (spasi) #TantanganMenulis
6. Silakan ajak teman-temanmu juga biar rame.
7. blog challenge ini terbuka bagi siapa saja yang pengin ikutan. Silakan.
8. Selamat bersenang-senang. Happy blogging!

Tema:

1. Tuliskan sesuatu tentang benda kesayanganmu
Benda apa saja; entah boneka, bantal kesayangan, benda yang kamu anggap membawa keberuntungan, atau benda yang kerap ada bersamamu. Seandainya mereka bisa mendengar dan membaca, apa yang ingin kamu sampaikan?

2. Serenade
A piece of music sung or played in the open air, typically by a man at night under the window of his lover.

3. Tuliskan sesuatu untuk dirimu 2 tahun mendatang
Karena 5 atau 10 tahun terlalu jauh, maka tuliskan sesuatu untuk dirimu di tahun 2017. Apa yang kamu harapkan darinya?

4. Koi no Yokan
The sense one can have upon first meeting a person that the two of you are going to fall in love. Differs from “love at first sight” as it does not imply that the feeling of love exists, only the knowledge that a future love is inevitable.

5. Ceritakan salah satu impian terbesarmu
Impian yang sangat ingin kamu capai dan bisa jadi adalah sebuah goal utama dalam hidupmu.

6. Pochemuchka
A person who asks too many questions

7. Tuliskan sesuatu untuk orang yang tidak kamu suka/mungkin tidak menyukaimu
Manusia tetap manusia, yang punya sahabat maupun orang-orang yang bertentangan dengannya. Maka, sesekali tuliskan sesuatu untuk mereka–yang mengusik hidupmu, atau yang merasa terusik karenamu. Apa yang ingin kamu katakan untuk mereka?

8. Natsukashii
Of some small thing that brings you suddenly, joyously back to fond memories, not with a wistful longing for what’s past, but with an appreciation of the good times

9. Tuliskan tentang tempat yang ingin sekali kamu kunjungi
Tempat mana saja, tak berbatas bumi. Jika kamu ingin ke Mars, tulislah. Imajinasi tak pernah punya batas apa-apa.

10. Prozvonit
To call a mobile phone only to have it ring once so  that the other person would call back allowing the caller not to spend money on minutes.

11. Tuliskan sesuatu untuk lelaki/perempuan dalam hidupmu
Jika kamu lelaki, mana menulislah untuk perempuan dalam hidupmu, dan sebaliknya. Bagian ini juga tak berbatas, kamu dapat menuliskan sesuatu untuk orangtuamu, kakak adikmu, pacarmu, istri/suamimu, iparmu, sepupumu, kakek nenekmu, guru masa kecilmu, atau mungkin idolamu?

12. Age-otori
To look worse after a hair cut.

13. Ceritakan sedikit tentang pengalaman tak terlupakan dalam hidupmu
Dari sekian banyak pengalaman yang pernah kamu alami, dan mungkin pernah kamu tuangkan dalam tugas mengarang di pelajaran Bahasa Indonesia sewaktu di bangku sekolah, pilihlah satu saja yang paling berkesan. Ceritakan pada kami semua.

14. Boketto
A Japanese word which frankly doesn’t have a good English translation. The idea behind Boketto is staring at the sky without a thought… Losing ones own self in the distance

15. Free day (tema bebas)

Info lainnya akan diupdate secara berkala.

No comments:

Post a Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...